Pinjaman

Biar Keuangan Bulan Puasa Tetap Aman, Hindari Pengeluaran Ini

Menghemat memang menjadi suatu kegiatan yang bisa dibilang gampang-gampang susah untuk dilakukan, apalagi saat masuk bulan puasa dan menjelang lebaran. Pasalnya, kebutuhan saat berpuasa bisa dibilang malah lebih banyak, sehingga pengeluaran Anda menjadi tak terkontrol. Apalagi, jika Anda sedang menggunakan dana dari pinjaman online, karena Anda disarankan harus sangat bijak dalam menggunakan dana tersebut.

Dengan banyaknya berbagai hal yang menggiurkan di bulan puasa, membuat pengeluaran Anda menjadi membeludak dan keinginan Anda untuk berhemat pun jadi gagal. Nah, jika Anda ingin tetap bisa menjalankan ibadah puasa dengan hikmad namun tetap bisa berhemat meskipun Anda sedang menggunakan dana pinjaman online, sebagai dana penunjang kebutuhan Anda di bulan puasa. Anda pun bisa mulai menghindari beberapa kebiasaan ini, agar keuangan Anda bisa digunakan untuk hal yang lebih bermanfaat.

1. Jangan terlalu sering ikut bukber

Mungkin sebagian dari Anda sudah merencanakan acara bukber atau buka bareng dengan keluarga atau teman lama, karena memang momen bukber sangat menyenangkan dan sangat ditunggu-tunggu. Namun, ada baiknya Anda bisa memperhitungkan ajakan bukber, semisal hanya ajakan keluarga, atau teman semenjak SD, SMP, SMA atau kuliah saja.

Demi kondisi finansial saat puasa tetap lancar, mungkin Anda bisa menetapkan ajakan yang hanya seminggu sekali atau dua kali saja. Tetapi, jika Anda memang tidak sedang memiliki uang, tidak ada salahnya jika Anda menolak ajakan bukber tersebut.

2. Hilangkan prinsip semua harus serba baru

Meskipun hari raya identik dengan baju baru, tas baru, sepatu baru dan hal baru lainnya, tetapi Anda tidak harus membeli semua dengan barang yang baru. Terlebih jika saat ini kebutuhan Anda bukan hanya sesuatu yang bisa dilihat orang lain untuk pamer.

Pakailah barang yang masih bagus, sehingga Anda tidak perlu membeli barang baru lagi. Sehingga Anda bisa membeli kebutuhan lain yang lebih penting, dan Anda bisa lebih menghemat pengeluaran.

Baca Juga: Ajukan Pinjaman Uang Di Bogor, Hanya Dengan Sekali Klik

3. Pesan makanan yang paling mahal agar tidak dibilang miskin

Ketika Anda sedang kumpul atau bukber bareng teman, acap kali Anda memilih menu makanan yang mahal dengan tujuan agar terlihat kaya. Sehingga Anda menjadi konsumtif, padahal ada makanan yang lebih murah dengan porsi dan rasa yang sama.

Namun, jika dipikir ulang, untuk apa melakukan hal tersebut ya? Terlebih sebuah makanan akan habis dimakan. Jadi Anda bisa lebih berhemat dengan memilih makanan yang terjangkau namun bisa membuat perut kenyang.

4. Lapar mata lihat diskon sana-sini

Siapa yang tak lapar mata jika lihat diskon bahkan hingga 70%? Namun, percayalah, diskon hanya sebuah trik marketing yang bisa membuat konsumen kalap.

Sehingga, barang yang Anda beli adalah barang yang dibeli sesuai keinginan Anda karena promo, bukan karena kebutuhan Anda. Sebaiknya Anda pikir kembali untuk membeli barang promo, apakah barang tersebut termasuk kebutuhan atau hanya keinginan semata yang bisa membuat Anda gagal berhemat.

5. Sering meminjamkan uang ke teman tapi lupa menagih

Tak ada salahnya jika Anda meminjamkan uang ke teman yang sedang membutuhkan, namun dengan syarat harus dikembalikan dengan tepat waktu. Hal tersebut harus dilakukan agar Anda tidak menanggung risiko akibat teman Anda lupa membayar utang dan Anda pun jadi merugi.

Terlebih, jika Anda menyepelekan menagih utang, hal tersebut bisa membuat Anda bisa dikenal dengan pemberi pinjaman dengan mudah.

6. Terlalu mengharapkan uang THR kantor untuk menutupi biaya kebutuhan

THR biasanya akan diberikan beberapa hari menjelang hari raya. Namun, uang THR jangan sepenuhnya Anda alihkan untuk kebutuhan harian Anda, apalagi untuk membeli barang-barang yang tidak penting.

Gunakan uang THR untuk kebutuhan sosial saat hari raya, seperti berbagi, membeli parsel, memberikan sedekah, bagi-bagi ke sanak saudara dan anak-anak, atau malah sisanya bisa Anda tabung, sebagai dana simpanan untuk kebutuhan darurat nanti.

7. Buat rancangan anggaran

Penghasilan bulanan Anda tentunya tidak digunakan untuk keperluan harian seperti untuk makan dan bayar sewa kontrakan saja. Sebab, ketika bulan puasa tiba, pengeluaran Anda pun akan semakin banyak. Sehingga sangat disarankan bagi Anda untuk membuat rancangan anggaran perbulan.

Tidak hanya itu, setelah dibuat rancangan anggaran, Anda juga harus patuh dengan rancangan tersebut. Pasalnya, rancangan yang Anda buat adalah pedoman untuk mengontrol pengeluaran Anda. Sehingga, rancangan bisa berjalan sesuai rencana dan biaya kebutuhan Anda bisa tercukupi hingga hari raya tiba.

Nah, beberapa kebiasaan sepele diatas mungkin bisa membantu Anda untuk mengontrol keuangan Anda saat bulan puasa. Namun, jika Anda sedang dalam kondisi keuangan darurat, Anda bisa mengajukan pinjaman online yang pastinya aman dan terpercaya demi kelancaran kondisi finansial Anda saat bulan puasa.

Tidak hanya aman dan terpercaya, di Cekaja.com, Anda bisa mengajukan pinjaman online dengan cepat dan syarat yang mudah secara online. Tidak hanya itu, Anda juga akan diberikan banyak pilihan pinjaman sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan Anda.

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait pinjaman online yang aman dan terpercaya dari Cekaja.com, Anda bisa kunjungi link berikut ini:

https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *