perbedaan pinjaman online dan pinjaman bank
Pinjaman Tanpa Jaminan

Mencermati Perbedaan antara Pinjaman Online dan Pinjaman Bank

 

Beberapa tahun belakangan ini, popularitas platform pinjaman online di tanah air semakin meningkat. Anda dapat mengurus pengajuan pinjaman online kota Medan dan kota besar lainnya secara praktis melalui gadget di genggaman tangan. Kehadiran platform pinjaman online membuat bank tak lagi menjadi lembaga keuangan satu-satunya yang menyediakan fasilitas pinjaman.

Sebenarnya, hal-hal apa saja yang membedakan pinjaman online dan pinjaman bank?

Perbedaan Antara Pinjaman Online & Pinjaman Bank

1. Persyaratan dan Waktu Proses Pengajuan

Proses meminjam uang di bank memang tergolong cukup rumit dan konvensional. Pertama, Anda harus mempersiapkan berbagai dokumen sebagai syarat pengajuan pinjaman, seperti KTP, KK, rekening tabungan, slip gaji, kartu kredit, dan surat izin usaha (bila ada). Selanjutnya, bank akan melakukan pengecekan dokumen dan melakukan survei untuk menilai kelayakan pemberian pinjaman. Seluruh proses tersebut bisa memakan waktu lebih dari satu bulan. Terutama bila ada dokumen yang bermasalah dan validitasnya belum terjamin.

Sebaliknya, platform pinjaman online mampu memberikan fasilitasi pinjaman secara lebih praktis dan cepat. Persyaratan utama berupa KTP, KK, slip gaji, rekening tabungan, dan kartu kredit memang harus dipenuhi. Namun, semua persyaratan tersebut biasanya hanya perlu dilampirkan dalam bentuk foto. Proses validasinya pun bisa dilakukan dalam hitungan menit. Sehingga Anda bisa lekas memperoleh dana pinjaman dalam waktu sangat singkat.

2. Tujuan Pinjaman

Bank biasanya hanya memberikan fasilitasi pinjaman untuk modal usaha atau pinjaman pribadi dengan jaminan tertentu, seperti rumah atau tanah. Maka dari itulah nominal pinjaman yang bisa diajukan ke bank relatif besar, bisa mencapai hingga miliaran rupiah.

Berbeda dengan bank, platform pinjaman online lebih berfokus pada kebutuhan pribadi yang mendesak. Ketika tengah membutuhkan uang kurang lebih sekitar sepuluh juta rupiah dalam waktu singkat, Anda bisa mengandalkan platform pinjaman online. Meskipun kini ada pula platform pinjaman online yang secara khusus memfasilitasi pinjaman modal usaha untuk pengembang UMKM.

3. Bunga dan Jangka Waktu Pinjaman

Rata-rata bunga pinjaman bank pasti lebih kecil dibandingkan platform pinjaman online. Bahkan, ada bank yang menetapkan bunga pinjaman kurang dari 2% per bulan. Jangka waktu pinjamannya pun relatif lama. Bisa bertahun-tahun tergantung dari jumlah yang dipinjam.

Platform pinjaman online tidak memiliki standar baku mengenai besar bunga pinjaman, dikarena masing-masing perusahaan berhak menentukan nilai bunganya sendiri. Namun, rata-rata bunganya pasti lebih besar dari bank. Hal tersebut dianggap sebanding dengan proses pinjaman yang sangat praktis dan cepat.

4. Proses Pengecekan Sebelum Menyetujui Pinjaman

Pihak bank akan melakukan proses Bank Indonesia (BI) Checking sebelum mengabulkan pengajuan pinjaman. Bila Anda memiliki riwayat kredit yang baik, kemungkinan besar pengajuan pinjaman Anda akan segera disetujui bank. Namun, orang-orang yang belum memiliki riwayat kredit biasanya cenderung kesulitan mendapatkan pinjaman.

Proses tersebut berbeda dengan teknik yang dilakukan platform pinjaman online, dikarenakan platform pinjaman online akan mengabulkan pengajuan pinjaman berdasarkan skor kredit. Pendapatan bulanan seseorang menjadi salah satu acuan untuk memberikan pinjaman. Sehingga risiko gagal membayar cicilan bisa diminimalisir.

Jika kemudahan yang difasilitasi platform pinjaman online membuat Anda tertarik, berarti Anda perlu mencari informasi detailnya mulai sekarang. Anda dapat melakukan perbandingan platform pinjaman online melalui CekAja.com.

Melalui link ini: https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online

Anda bisa mengakses informasi lengkap seputar platform pinjaman online terpercaya di tanah air, sehingga Anda berpeluang mendapatkan pinjaman berbunga rendah dengan proses cepat. Mari mengandalkan CekAja.com untuk mendukung urusan finansial Anda. Mengajukan pinjaman online jadi lebih praktis setelah mengetahui informasi lengkap dari CekAja.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *