touring kali
Info & Blog

Pahami Hal-Hal Ini agar Touring Motor Berlangsung Aman dan Lancar

Anda yang hobi touring motor pasti sangat senang bila punya waktu senggang untuk menekuni hobi tersebut. Karena Anda bisa menikmati sensasi mengendarai motor bersama teman-teman satu hobi. Ketika touring Anda tetap harus mematuhi semua peraturan lalu lintas agar terhindar dari tilang. Cek denda dan bayar tilang kini memang semakin mudah. Namun, tentu alangkah lebih baik bila Anda tak pernah berurusan dengan masalah tilang di jalan raya.

Ketika akan melakukan touring motor, Anda harus memahami beberapa hal ini agar aktivitas touring berjalan lancar:

Menentukan Rute dan Menghitung Jarak Tempuh

Hal pertama yang patut Anda lakukan adalah menentukan rute dan menghitung jarak tempuh. Pastikan bahwa Anda dan teman-teman memiliki rute yang realistis dengan jarak tempuh sesuai kemampuan. Jangan sampai touring motor jadi berisiko karena Anda keliru menentukan rute dan jarak tempuh. Karena Anda juga harus mempertimbangkan waktu tambahan untuk mengantisipasi masalah yang terjadi saat touring berlangsung.

Asuransikan Kendaraan Kesayangan Anda Hanya Di Sini!

Persiapan Kondisi Motor Harus Prima

Jangan lupa memeriksakan kondisi motor sesaat sebelum touring. Motor Anda harus berada dalam kondisi prima supaya mampu menempuh perjalanan jauh. Kerusakan komponen mesin motor dapat berisiko bagi keselamatan perjalanan Anda. Bila motor sudah berada dalam kondisi layak touring, Anda tinggal membawa perkakas sederhana untuk menangani masalah kecil selama touring.

Membuat Aturan untuk Peserta Touring

Selain memahami peraturan lalu lintas, peserta touring juga wajib dibekali dengan aturan khusus. Anda dan teman-teman bisa membuat peraturan sesuai kebutuhan. Peraturan tersebut penting untuk menjaga kekompakan dan keselamatan seluruh peserta touring. Jangan sampai ada peserta yang melanggar peraturan dan menyebabkan kerugian bagi peserta touring lainnya.

Waktu Istirahat yang Cukup

Aktivitas touring motor juga harus diselingi dengan jeda istirahat yang cukup. Usahakan untuk istirahat singkat setiap satu hingga dua jam sekali serta istirahat yang lebih lama bila sudah menempuh perjalanan beberapa jam. Waktu istirahat bisa digunakan untuk melakukan peregangan tubuh, tidur, dan sejumlah aktivitas lainnya. Tubuh akan lebih rileks dan siap melanjutkan perjalanan touring yang panjang.

Membawa Perbekalan yang Memadai

Banyak perbekalan yang harus dibawa selama touring motor. Anda wajib menggunakan jaket tebal, membawa jas hujan, perkakas sederhana, dan bekal makanan. Jangan lupa pula menyiapkan helm dan surat-surat motor. Sejumlah perbekalan tersebut akan memproteksi Anda dari risiko tak terduga yang bisa terjadi di jalan raya.

 

Kapan terakhir kali Anda touring motor bersama teman-teman? Kalau memiliki waktu senggang, tak ada salahnya merencanakan touring selanjutnya mulai dari sekarang. Untuk selengkapnya mengenai informasi cek denda dan bayar tilang dapat anda lihat di https://www.cekaja.com/info/kena-razia-begini-cara-cek-denda-dan-bayar-tilangnya/. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *